Pilkada Surakarta: PDIP Bukan Bingung, Tetapi Tunggu Lawan

Pilkada Surakarta: PDIP Bukan Bingung, Tetapi Tunggu Lawan
Ilustrasi PDIP. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Agus Riwanto menilai DPP PDIP sengaja menunggu lawan di Pilkada Surakarta 2020, sehingga belum mengumumkan rekomendasi partai sosok yang akan diusung di sana.

"Saya melihat PDIP bukan bingung menentukan pilihan (antara Achmad Purnomo dengan Gibran Rakabuming Raka), tetapi justru tidak ingin gegabah sebelum ada lawan calonnya," katanya di Solo, Jawa tengah, Jumat (21/2).

Dia memperkirakan untuk lawan calon yang diusung oleh PDIP sendiri ada dua, yaitu dari koalisi partai politik dan dari jalur independen.

"Saat ini untuk yang dari independen kan sedang proses verifikasi dari KPU. Itu pun tidak tahu lolos verifikasi atau tidak. Yang belum kelihatan dari koalisi partai politik," katanya.

Dia menilai untuk koalisi partai politik ini agak membahayakan mengingat dari dua pihak yang menunggu rekomendasi dari PDIP, ada kemungkinan salah satunya yaitu pihak yang tidak memperoleh rekomendasi akan menyeberang ke partai politik yang lain.

"Tentu rekomendasi hanya jatuh di satu pihak, bisa jadi yang lain akan dipinang ke partai politik lain. Ini membahayakan soliditas partai," katanya.

Apalagi, dia mengatakan, di Pilkada Surakarta ini PDIP bukan hanya menargetkan kemenangan, tetapi juga bisa meraih kemenangan mutlak.

"Paling tidak lebih dari 80 persen, mereka (PDIP) butuh angka yang fantastis. Ini menunjukkan bahwa menjadi Wali Kota Surakarta memiliki legitimasi tinggi," katanya.

Agus memperkirakan, lawan dari calon yang diusung oleh PDIP ada dua, yaitu dari koalisi partai politik dan dari jalur independen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News