Pilot yang Mengevakuasi WNI dari Kabul Berbagi Pengalaman, Menegangkan!

Pilot yang Mengevakuasi WNI dari Kabul Berbagi Pengalaman, Menegangkan!
Mayor Pnb Mulyo Hadi (dua kiri) dan Letkol Pnb Ludwig Bayu (dua kanan) berbincang dengan prajurit TNI di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) usai menyelesaikan tugas menjemput WNI dari Afghanistan kembali ke Indonesia. ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AU

jpnn.com, JAKARTA - Penerbang Mayor Pnb Mulyo Hadi berbagi pengalaman saat menerbangkan pesawat TNI Angkatan Udara ketika menjalani operasi evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Kabul, Afghanistan.

Dia menceritakan ada sejumlah tantangan yang dihadapi, menyusul konflik Afghanistan yang memanas.

Antara lain, kerumunan massa yang terus bertambah di Bandara Hamid Karzai, Kabul.

Kerumunan juga terus memadati bandara di Islamabad, Pakistan.

Selain itu, fungsi pengaturan dan navigasi juga tidak beroperasi maksimal di Bandara Hamid Karzai, setelah Taliban mengambil alih pemerintahan di Afghanistan.

“Hambatan yang dihadapi terutama adalah data-data terkini dari landasan Bandara Hamid Karzai International, serta kondisi sekitar landasan yang tidak menentu."

"Eskalasi kerumunan massa terjadi ketika awak pesawat sampai di Islamabad sehingga keputusan dari Kementerian Luar Negeri RI menunda penjemputan selama 1-2 hari,” ujar Mayor Pnb Mulyo sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI AU, Sabtu (21/8).

Awak pesawat akhirnya mendapatkan data-data lengkap kondisi Bandara Hamid Karzai dan tim memutuskan terbang ke Kabul pada Jumat (20/8).

Salah seorang pilot yang mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan berbagi pengalaman, sangat menegangkan.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News