Senator Riri Desak 4 RUU ini Segera Disahkan, Sangat Penting!

Senator Riri Desak 4 RUU ini Segera Disahkan, Sangat Penting!
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu Riri Damayanti. (Foto ANTARA/Carminanda)

jpnn.com, BENGKULU - Senator Riri Damayanti mendesak DPR dan pemerintah segera mengesahkan empat rancangan undang-undang.

Menurut anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini, keberadaan empat RUU dimaksud sangat mendesak melihat berbagai persoalan yang mengemuka.

Keempat RUU dimaksud yakni RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT).

Kemudian RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan RUU tentang Penanggulangan Bencana.

"Saya kira yang perlu diprioritaskan pertama adalah memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak kaum perempuan yang banyak dirangkum dalam RUU PKS."

"Jangan tunggu makin banyak korban kekerasan seksual yang menimpa perempuan dan anak baru mau mengesahkan regulasi itu," ujar Riri di Bengkulu, Sabtu (21/8).

Terkait RUU PRT, Riri menilai harus mendapat perhatian serius untuk segera disahkan.

Apalagi di situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini di mana banyak pekerja rumah tangga yang dipecat.

Selain itu, keberadaan RUU itu juga sangat penting untuk memberikan perlindungan hukum bagi pekerja rumah tangga, khususnya perempuan yang saat ini masih banyak mendapatkan perlakuan tidak wajar.

Senator Riri mendesak DPR dan pemerintah segera mengesahkan empat rancangan undang-undang ini menjadi undang-undang, sangat penting.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News