Pimpin Delegasi Indonesia di ILC ke-111 Jenewa, Menaker Ida Sampaikan Komitmen Pemerintah

Pimpin Delegasi Indonesia di ILC ke-111 Jenewa, Menaker Ida Sampaikan Komitmen Pemerintah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-111 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada 5-16 Juni 2023. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-111.

ILC ke-111 yang mengangkat tema memajukan keadilan sosial (advancing social justice) diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada 5-16 Juni 2023.

Menaker Ida Fauziyah menegaskan pemerintah Indonesia mendukung penyelenggaraan ILC ke-111 sebagai sarana meningkatkan komitmen dan kerja sama bidang ketenagakerjaan di antara negara-negara anggota International Labour Organization (ILO).

"Kami ikut dalam ILC tahun ini, karena Indonesia siap dan terus berkomitmen meningkatkan kerja sama dengan negara lain dan ILO untuk mempromosikan pekerjaan yang layak dan memajukan keadilan sosial untuk semua,” kata Menaker Ida di Jenewa, Minggu (11/6) waktu setempat.

Menteri Ida menjelaskan ILC yang digelar secara rutin setiap tahun itu melibatkan unsur tripartit dari 187 negara anggota ILO yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur pengusaha, dan unsur serikat pekerja atau serikat buruh.

"Saya yakin delegasi tripartit Indonesia akan memberikan kontribusi nyata untuk kesuksesan ILC ini melalui berbagai diskusi, rekomendasi, dan kolaborasi dalam merespons isu-isu global ketenagakerjaan saat ini,” ujar Menaker Ida.

Adapun isu-isu yang dibahas dalam ILC ke-111 antara lain transisi berkeadilan di bidang ketenagakerjaan dalam merespons perubahan iklim.

Kemudian merumuskan rekomendasi kebijakan pemagangan yang berkualitas, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi hak dasar di tempat kerja, dan aplikasi standar internasional ketenagakerjaan, serta program dan anggaran ILO untuk periode 2024-2025.

Menaker Ida Fauziyah yang memimpin delegasi Indonesia di ILC ke-111 Jenewa menyampaikan komitmen pemerintah mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News