Pimpin Pemakaman Sertu Anumerta Rizal, Jenderal Dudung: Dia Gugur sebagai Pahlawan

Pimpin Pemakaman Sertu Anumerta Rizal, Jenderal Dudung: Dia Gugur sebagai Pahlawan
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman secara simbolis turut menguburkan jenazah Sertu Anumerta Rizal Maulana di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung, Sabtu (29/1). (Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jpnn.com, BANDUNG - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara militer pemakaman Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung, Sabtu (29/1).

Diketahui, Sertu Anumerta Rizal menjadi korban kebrutalan aksi kelompok kriminal bersenjata di Pos Koramil Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1).

"Dia (Sertu Anumerta Rizal, red) gugur sebagai pahlawan. Pahlawan negeri ini, pahlawan bagi bangsa ini, dan pahlawan bagi kita semua," ujar Dudung dalam keterangan persnya, Sabtu.

Mantan Pangkostrad itu mengatakan bahwa Sertu Anumerta Rizal semasa hidup bertugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

"Begitu besar pengabdiannya kepada negara dan bangsa selama almarhum bertugas," ucap Dudung.

Dirinya juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik morel maupun materiel atas terlaksananya upacara pemakaman Sertu Anumerta Rizal.

"Pihak keluarga maupun ahli waris para prajurit yang gugur, TNI AD akan mengurus dan memenuhi seluruh hak-hak prajurit yang gugur dalam tugas negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku," beber Dudung.

Kepada pihak keluarga dan ahli waris dari Sertu Anumerta Rizal akan diserahkan santunan sebesar Rp. 712.162.481 yang berasal dari KSAD, BIN, Pangdam III/Siliwangi, Pangdam IV/Diponegoro, Kasgartap II Bandung, Asabri, TWP, BRI, Bank Mandiri, Taspen, dan gaji terusan selama 12 bulan.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara militer pemakaman terhadap Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung, Sabtu (29/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News