Pimpinan KPK Ini Merasa seperti Kena Tsunami

Pimpinan KPK Ini Merasa seperti Kena Tsunami
Wakil Ketua KPK, Zulkarnain. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Serangan bertubi-tubi terhadap pimpinan, pegawai hingga penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi dinilai sudah terlalu masif. Bahkan, Wakil Ketua KPK Zulkarnain, merasa lembaga yang menaunginya itu seperti terkena tsunami.

"Dalam waktu yang hampir bersamaan, beruntun, insan-insan KPK dipermasalahkan dengan tindak pidana. Seperti kena tsunami," kata Zulkarnain di gedung DPD RI, Jakarta, Rabu (18/2).

Sebelumnya Bareskrim Polri menetapkan komisioner KPK Bambang Widjojanto sebagai tersangka terkait kesaksian palsu kliennya di Pilkada Kobar tahun 2010. Beberapa hari lalu menyusul Abraham Samad dijadikan tersangka di Polda Sulselbar dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen.

Di sisi lain, ada ancaman pidana lain yang diterima penyidik KPK dalam dugaan kepemilikan senjata api ilegal. Setidaknya senjata itu dimiliki 21 penyidik KPK. Kasus ini masih diusut Bareskrim Polri.

Semua kejadian ini menurut Zulkarnain menjadi kajian semua pihak, tidak saja KPK.

"Ini menjadi kajian kita semua, semacam eksaminasi umum. Eksaminasi terhadap fenomena yang dialami KPK saat ini," jelasnya.

Karena itu, pimpinan KPK yang juga terancam dipidana dalam kasus dugaan gratifikasi ini berharap agar Presiden Joko Widodo segera mengambil tindakan tegas untuk menjamin pelaksanaan hukum berjalan secara adil dan benar.(fat/jpnn)


JAKARTA - Serangan bertubi-tubi terhadap pimpinan, pegawai hingga penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi dinilai sudah terlalu masif. Bahkan, Wakil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News