PIP Makassar Buka Diklat Peningkatan Keahlian, Buruan Daftar!

PIP Makassar Buka Diklat Peningkatan Keahlian, Buruan Daftar!
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP). Foto dok Humas PIP

jpnn.com, MAKASSAR - Lembaga pendidikan kepelautan, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar membuka diklat peningkatan keahlian untuk para pelaut.

Direktur PIP Makassar, Capt Rudy Susanto menuturkan Diklat Peningkatan Keahlian Pelaut diperuntukkan bagi pelaut dan industri maritim yang telah memiliki sertifikat Keahlian Pelaut dan ingin meningkatkan keahliannya.

“Kali ini kami membuka Program Diklat Pelaut Tingkat III (DP-III) untuk program studi Nautika dan Tenika. Untuk lebih lengkapnya, para peserta diklat dapat menghubungi kami di 0821-7708-7180 atau bisa datang langsung ke dua kampus PIP Makassar,” kata Capt Rudy.

Dia menambahkan diklat ini diperuntukkan bagi pelaut dan industri maritim yang telah memiliki sertifikat Keahlian Pelaut Tingkat IV dengan pengalaman berlayar minimal 30 bulan dengan jabatan Mualim pada kapal min.

GT 500 atau masa layar minimal 12 bulan bagi pemilik sertifikat ANT-IV Manajemen untuk jurusan Nautika, atau dengan jabatan Masinis pada kapal minimal Daya Mesin 750 KW atau masa layar minimal 12 bulan bagi pemilik sertifikat ATT-IV Manajemen untuk dididik selama 7 bulan untuk memperoleh sertifikat keahlian pelaut ANT-III (Ahli Nautika Tingkat - III) atau 8 bulan untuk memperoleh sertifikat keahlian pelaut ATT-III (Ahli Teknika Tingkat - III).

“Diklat Keterampilan Pelaut Diklat Keterampilan Pelaut adalah diklat yang diperuntukkan bagi calon pelaut dan pelaut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesual dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Diklat Keterampilan Pelaut merupakan diklat tambahan guna melengkapi sertifikat keahlian pelaut,” kata Capt Rudy.

Sementara itu, Kabag. Akademik dan Ketarunaan PIP Makassar, Budi Joko Raharjo menjelaskan sebagai lembaga yang berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, PIP Makassar memegang teguh misi untuk melahirkan pelaut andal yang mampu mengarungi seluruh belahan samudra, menguasai teknologi, dan bersaing dengan kehandalan para pelaut internasional.

“Keberlanjutan visi ini memotivasi PIP Makassar untuk terus berupaya maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten tetapi juga berkualitas internasional,” tutur Budi.

Lembaga pendidikan kepelautan, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar terus menjadi rujukan dari para pelaut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News