PIP Semarang Lantik 100 Wisudawan

PIP Semarang Lantik 100 Wisudawan
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melantik 100 wisudawan pelaut. Foto dok PIP Semarang

jpnn.com, SEMARANG - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, yang merupakan bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan melantik 100 Wisudawan diklat pelaut.

Adapun wisuda kali ini bertema 'Lulusan PIP Semarang Siap Berperan Aktif Dalam Pelaksanaan Keselamatan, Keamanan, dan Pelayanan Transportasi Laut Baik Nasional Maupun Global' sesuai amanah dari Presiden RI Joko Widodo.

"Kami bersyukur telah melahirkan 100 lulusan terbaik untuk dunia transportasi laut untuk dapat bekerja di dalam dan luar negeri. Para lulusan itu terdiri dari Wisuda Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Pelaut Tk. III Pembentukan berjumlah 7 Wisudawan dan Penutupan Diklat Pelaut Tk. III, Tk. IV & Tk. V Peningkatan berjumlah 93 Wisudawan yang ada di kampus tercinta PIP Semarang," kata Direktur PIP Semarang, Capt. Mashudi Rofik.

Dalam sambutannya, Capt Mashudi mengingatkan kepada wisudawan saat dunia kerja seperti di kapal/perusahaan, mereka akan menghadapi tantangan yang ada dan harus mampu menyelesaikan masalah yang rumit/kompleks tersebut.

Karena itu harus terus berkembang dan mengasah kemampuan yang dimiliki untuk menjadi manusia yang prima, profesional dan beretika, tiga hal yang diperlukan sebagai modal dasar. 

Capt. Mashudi juga mengatakan kalau saat ini sektor transportasi telah berkembang pesat dan sejalan dengan tujuan pemerintah, yaitu fokus untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur demi menciptakan pemerataan ekonomi.

Banyak manfaat yang didapat pada pembangunan di sektor Transportasi Laut contohnya dalam pembangunan Pelabuhan di daerah-daerah.

“Di manapun pilihan kalian dalam bekerja, mau itu di kapal/ perusahaan asing maupun nasional, semua menjadi pilihan yang sama-sama terhormat, selama menjunjung tinggi profesionalisme dan bertanggung jawab agar dapat mewujudkan pelayaran yang aman dan selamat,” pesannya.

Para lulusan dari PIP Semarang bisa menyesuaikan kondisi terkini terutama agar dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News