Pipa Bawah Laut Putus, Pertamina Siapkan Pengganti

Pipa Bawah Laut Putus, Pertamina Siapkan Pengganti
Kantor Pertamina. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com, BALIKPAPAN - PT Pertamina (Persero) menyiapkan pipa pengganti sembari menunggu pengangkatan pipa yang putus di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur.

Saat ini, pipa yang putus itu masih berada di tempat semula guna keperluan penyidikan.

Region Manager Communication & CSR Kalimantan Yudy Nugraha menjelaskan, pipa pengganti itu akan dibawa dari Balongan ke Balikpapan.

“Apabila pipa yang putus sudah diangkat dari dasar laut dan diperbolehkan oleh pihak penyidik untuk penggantian pipa, pipa pengganti ini dapat segera dipasang,” kata Yudy, Sabtu (14/4).

Dia menambahkan, pipa yang disiapkan berjumlah sekitar 22 joint dengan panjang masing-masing 12 meter.

Saat ini, Pertamina mengalirkan minyak mentah dari Terminal Crude Lawe lawe ke kilang Balikpapan menggunakan pipa bawah laut lain yang berukuran 16 inchi.

Sebelumnya, pipa minyak mentah ukuran 20 inchi terputus. Penyebab putusnya pipa itu diduga disebabkan oleh kekuatan eksternal.

Dengan diangkatnya potongan pipa yang putus tersebut, kepolisian akan melakukan penyelidikan untuk menemukan penyebab putusnya pipa minyak mentah ini.

PT Pertamina (Persero) menyiapkan pipa pengganti sembari menunggu pengangkatan pipa yang putus di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News