PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik Optimistis IKN Berdampak Positif bagi Perekonomian

PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik Optimistis IKN Berdampak Positif bagi Perekonomian
PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyatakan bahwa Kalimantan Timur memiliki sumber daya alam yang melimpah menjadikannya lokasi yang ideal. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyatakan bahwa Kalimantan Timur memiliki sumber daya alam yang melimpah, menjadikannya lokasi yang ideal untuk pembangunan ibu kota baru (IKN).

Hal itu diungkapkan Akmal dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Helmy Yahya di video YouTube berjudul "Prof. Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si - Serius IKN Jadi Ibu Kota Baru Indonesia?", Dr. Akmal Malik, baru-baru ini.

"Masa depan Indonesia terletak di wilayah timur karena sumber daya alamnya yang melimpah," ujarnya.

Akmal menilai pemanfaatan potensi alam sangat penting untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, dengan luas wilayah sekitar 15 juta hektar, Kalimantan Timur diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan IKN, meskipun luas IKN sendiri hanya sekitar 235 ribu hektar.

Oleh karena itu, Akmal menyoroti pentingnya kolaborasi seluruh pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, maupun sektor swasta, untuk mendukung pembangunan ibu kota baru ini.

Akmal menyebutkan tantangan yang ada, termasuk ketahanan pangan, dan perlunya investasi di bidang pendidikan dan infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan pertumbuhan ekonomi.

"Kunci keberhasilan pembangunan IKN terletak pada komunikasi dan konektivitas yang baik serta ketersediaan sumber daya," ungkap Akmal.

PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyatakan bahwa Kalimantan Timur memiliki sumber daya alam yang melimpah menjadikannya lokasi yang ideal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News