Pj Gubernur Sumsel Bersama Mentan Amran Tinjau Upsus Optimalisasi Lahan Rawa di Banyuasin

Pj Gubernur Sumsel Bersama Mentan Amran Tinjau Upsus Optimalisasi Lahan Rawa di Banyuasin
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat meninjau pelaksanaan kegiatan upsus optimalisasi lahan rawa di Kabupaten Banyuasin, Jumat (1/3). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, BANYU ASIN - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau pelaksanaan upaya khusus (upsus) optimalisasi lahan rawa di Desa Sumber Hidup, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Jumat (1/3).

Dalam kunjungan kerja kali ini, keduanya melihat dari dekat aktivitas tabur benih padi yang dilakukan petani di lahan sawah seluas 22 ribu hektare.

Selain itu, Pj Gubernur Agus Fatoni dan Mentan Amran juga memberi bantuan benih kepada petani untuk tiga bulan pertama tahun 2024.

Melalui kesempatan ini, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni berterima kasih kepada Mentan Amran yang telah menjadikan Provinsi Sumsel sebagai lokasi program kegiatan nasional.

Bahkan, Provinsi Sumsel mendapatkan kurang lebih 100 ribu hektare perluasan lahan pada semester pertama, dan 100 ribu hektare selanjutnya pada semester kedua.

“Kami siap untuk menyukseskan program itu. Kami juga akan mengoptimalkan penggarapan lahan yang dikembangkan di Sumsel ini,” ujar Fatoni.

Fatoni menyebut produksi padi Sumsel mengalami peningkatan, di mana produksi padi pada tahun 2023 sebesar 2.832,77 ribu ton gabah kering giling (GKG) meningkat sebanyak 57,70 ribu ton GKG atau 2,08 persen dibandingkan produksi padi pada tahun 2022 yang sebesar 2.775,07 ton GKG.

"Produksi beras pada 2023 untuk konsumsi pangan penduduk mencapai 1.626,74 ribu ton, mengalami peningkatan sebanyak 33,14 ribu ton atau 2,08 persen dibandingkan produksi beras pada tahun 2022 yang sebesar 1.593,60 ton,” terangnya.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersama Mentan Amran meninjau kegiatan upsus optimalisasi lahan rawan di Kabupaten Banyuasin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News