Pj Gubernur Sumsel Upayakan Status SMB II Palembang Kembali jadi Bandara Internasional

Pj Gubernur Sumsel Upayakan Status SMB II Palembang Kembali jadi Bandara Internasional
Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni terus berupaya mengembalikan status SMB II Palembang kembali menjadi bandara internasional. Foto: dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni terus berupaya mengembalikan status Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang kembali menjadi bandara internasional.

Hal itu tanggapan Fatoni atas pernyataan sikap anggota Fraksi DPRD Provinsi Sumsel H. David Hadrianto Aljufri di sela-sela Rapat Paripurna ke-LXXXIII DPRD Sumsel Tahun 2024 di Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/5).

“Ada 17 bandara di Indonesia yang statusnya menjadi bandara domestik, salah satunya di Palembang Sumatra Selatan. Memang ini kewenangan Kementerian Perhubungan yang penetapan dan pengumuman, tentu dengan kriteria yang sudah ditentukan,” ucap Fatoni.

Fatoni mengatakan meskipun status Bandara SMB II Palembang telah dicabut dari internasional menjadi domestik namun dia meyakini statusnya akan kembali menjadi Bandara Internasional.

“Namun kita pemerintah daerah punya peluang untuk berupaya Saya berjanji kita akan berupaya terus untuk bisa meningkatkan status bandara ini,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan. Pada 2024 lalu Fatoni sudah melayangkan surat resmi kepada Menteri Perhubungan untuk menambah penerbangan internasional.

“Saat awal tahun lalu bahkan saya sudah tersebar secara resmi Kepada Menteri Perhubungan untuk menambah internasional itu ke Malaysia dan Singapura. Kami juga meminta tambahan beberapa penerbangan domestik yang masuk ke Bali kemudian ke Semarang ke beberapa kota lain,” ucap Fatoni.

Bahkan, Fatoni juga telah menyampaikan hal tersebut sebanyak tiga kali kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara langsung. Hal ini tentunya bersamaan dengan pembahasan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan beberapa waktu lalu.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni terus berupaya mengembalikan status SMB II Palembang kembali menjadi bandara internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News