Hasil Rakernas V PDIP, Megawati Diminta Tetap jadi Ketua Umum 2025-2030

Hasil Rakernas V PDIP, Megawati Diminta Tetap jadi Ketua Umum 2025-2030
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Foto: PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Rapat Kerja Nasional V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meminta kesediaan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi ketua umum PDIP periode 2025-2030.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan hal itu ketika membacakan sikap politik sebagai hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5).

“Rakernas V partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia, memohon kesediaan Prof. Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai ketua umum PDI Perjuangan periode 2025 - 2030 pada Kongres VI tahun 2025,” ujar Puan.

Sebelumnya, Megawati saat menyampaikan pidato politik di pembukaan Rakernas V PDIP, Jumat (24/5), sempat melontarkan kelakar yang bernada menggoda Puan untuk saling berganti posisi. Megawati ingin Puan menggantikan posisinya sebagai ketum PDIP. Sementara, dirinya menggantikan Puan sebagai ketua DPR RI.

"Jadi, saya, kalau beliau pamit, kemarin itu ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko. Lalu saya bilang, 'Gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum.' He-he-he," ucap Megawati sembari tertawa. "Loh enak-enak saja, masak saya yang disuruh menongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang-ganjing enggak jelas. He-he-he,” sambung Megawati.

Sementara itu, Puan menanggapi singkat candaan tersebut.

Puan tidak menjawab ketika ditanya apakah candaan itu merupakan kode bagi dirinya akan menggantikan posisi Megawati sebagai ketum PDIP.

"Berdoa saja, insyaallah," kata Puan singkat saat ditemui pada hari kedua Rakernas V PDIP, Sabtu (25/5).

Hasil Rakernas V PDIP, Megawati Soekarnoputri Diminta tetap menjadi ketua umum PDIP periode 2025-2030.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News