PKB Inginkan Koalisi Permanen

PKB Inginkan Koalisi Permanen
PKB Inginkan Koalisi Permanen
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mau pengalaman buruk selama ikut bergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi pendukung pemerintah terulang lagi pada masa-masa mendatang. Yang menjadi kerisauan PKB adalah partai politik hipokrit dalam tubuh koalisi yang hanya berorientasi kekuasaan semata.

Ketua FPKB DPR, Marwan Ja'far mengatakan, diperlukan koalisi permanen yang menjunjung tinggi komitmen kebersamaan untuk membentuk pemerintahan yang kuat dan responsif terhadap aspirasi masyarakat. Menurutnya, harus ada regulasi yang mengatur sehingga koalisi bisa dipermanenkan.

"Jadi koalisi itu dibangun atas dasar kepentingan dan kehendak bersama, bukan sekadar code of conduct, melainkan diikat dalam regulasi. Pelembagaan koalisi untuk menghindari ketidakjelasan sikap politik antara oposisi dan koalisi," kata Marwan dalam komunikasi via BlackBerry Messenger dengan JPNN, Rabu (10/10)

Lebih lanjut politisi muda di partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu mengatakan, koalisi sebagai bentuk kerjasama politik antarparpol tidak hanya dalam menjalankan roda pemerintahan saja, tetapi juga di parlemen. Marwan lagi-lagi menegaskan perlunya ada pelembagaan koalisi dengan mekanisme yang baku.

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mau pengalaman buruk selama ikut bergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi pendukung pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News