PKPBerdikari Umumkan Jawara Penyumbang Ide Cawapres Jokowi

PKPBerdikari Umumkan Jawara Penyumbang Ide Cawapres Jokowi
Sekjen Seknas Jokowi Osmar Tanjung. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Kajian dan Pengembangan Berdikari (PKPBerdikari) merilis hasil Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga yang berlangsung 10 April hingga 10 Juni 2018. Lomba menulis yang menggandeng laman Seword itu menghasilkan 20 pemenang.

Pendiri PKPBerdikari yang juga anggota dewan juri Osmar Tanjung mengatakan, tujuan lomba itu adalah menampung aspirasi warga negara Indonesia dalam bentuk tulisan yang bertanggung jawab, santun, masuk akal dan enak dibaca. Jumlah minimal karakter dalam setiap artikel yang dilombakan adalah 1.500.

Yang terpenting, artikel yang dilombakan adalah karya asli. “Bukan plagiat dalam menyampaikan analisisnya,” ujar Osmar, Rabu (11/7).

Total ada 271 artikel yang masuk ke dewan juri yang terdiri dari Osmar, Alifurrahman, Gung Tri Astrid, Lucky Djani dan Ni Luh Djelantik itu. "Kami sangat mengapresiasi partisipasi warga dalam memberikan sumbangan pemikiran kepada Presiden Jokowi demi kesejahteraan rakyat Indonesia lima tahun mendatang," tegas Osmar.

Sedangkan Alifurrahman mengatakan, dari 271 artikel yang masuk hanya 130 yang memenuhi syarat dari dewan juri. Menurutnya, ada 70 artikel yang ditulis oleh perempuan.

"Cukup menggembirakan bahwa warga perempuan mampu memberikan masukan yang signifikan dalam perpolitikan di Indonesia, dalam ketajamannya memilih cawapres bagi Jokowi,” ujar Alif.

Selanjutnya, dewan juri memilih artikel-artikel dengan opini yang tajam dan terukur, termasuk parameter integritas, latar belakang dan kemampuan bakal cawapres dalam membantu memenangkan Jokowi di Pilpres 2019. Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah penilaian tentang kemampuan calon dalam menyelesaikan program Nawacita.

“Menulis 1.500 kata bukanlah pekerjaan mudah. Butuh konsentrasi, referensi dan semangat untuk menyelesaikannya. Semua itu telah mereka lalui dan turut mensukseskan lomba penulisan yang kami adakan,” ujarnya.(ara/jpnn)

(PKPBerdikari merilis hasil Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga yang berlangsung 10 April hingga 10 Juni 2018. Ada 20 pemenang dalam lomba itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News