PKS Cari Jagoan Baca Kitab Kuning

PKS Cari Jagoan Baca Kitab Kuning
Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kabupaten Serang, di Pondok Pesantren Nurul Huda, Baros, Banten, Minggu (8/10). Foto: istimewa

jpnn.com, BANTEN - Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini membuka Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kabupaten Serang, di Pondok Pesantren Nurul Huda, Baros, Banten, Minggu (8/10).

Jazuli mengatakan, tujuan lomba ini untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda kepada ulama dan ilmu melalui pembelajaran kitab-kitab keislaman karya ulama.

"Lomba ini sekaligus merupakan cara Fraksi PKS untuk mengapresiasi ulama dan karya-karya intelektual mereka yang menjadi pedoman umat dalam menggali ajaran Islam," katanya di hadapan kiai, ulama, habib dan santri yang hadir.

Ketua Fraksi PKS ini mengatakan, tradisi keilmuan pesantren, pembelajaran kitab kuning, dan kemampuan berbahasa Arab semakin berkembang sehingga mampu mewarnai kebangsaan Indonesia.

"Ulama, santri, dan pesantren punya peran yang dominan dalam sejarah perjuangan merebut kemerdekaan. Untuk itu tradisi pesantren harus terus dijaga dan dikembangkan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa mereka," ujarnya.

Kitab yang dilombakan adalah Kitab Fathul Mu'in yang akrab di kalangan Pesantren Salafiyah. Lomba ini diikuti perwakilan dari 15 pesantren di Kabupaten Serang.

Hadir dalam acara ini perwakilan Bupati Serang, MUI, NU, IPHI, dan pengasuh pesantren di Kabupaten Serang.

Pada hari ini perlombaan serentak dilakukan di kota/kabupaten se-Provinsi Banten untuk memilih dua pemenang untuk selanjutnya diikutkan pada seleksi tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan pada 15 Oktober.

Pembelajaran kitab kuning, dan kemampuan berbahasa Arab semakin berkembang di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News