PKS Merapat ke Pemerintah, DPR Bakal Jadi Macan Ompong

PKS Merapat ke Pemerintah, DPR Bakal Jadi Macan Ompong
Wakil Ketua DPR dari PKS Fahri Hamzah. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Siti Zuroh mengingatkan PKS untuk tidak terbawa arus mengamini saja apapun keputusan pemerintah. Kalau itu terjadi menurut Siti, kontrol politik DPR terhadap pemerintah akan semakin lemah.

"Ini hampir semua partai politik mendukung pemerintah. Akibatnya kontrol DPR terhadap pemerintah semakin melemah. Faktanya, DPR tidak berani mengkritik apapun kebijakan pemerintah termasuk mengkrtitik yang tidak pro-rakyat," kata Siti Zuhro, di Jakarta, Senin (1/2).

Apalagi lanjut Siti, saat ini tengah berlangsung proses pencopotan Fahri Hamzah dari jabatan Wakil Ketua DPR RI oleh internal PKS karena dugaan terlalu keras mengkritik pemerintah.

"Kalau PKS melakukan itu, sama saja artinya PKS dengan partai-partai lain yang sudah bergabung dalam pemerintahan, mengamini saja semua yang dilakukan pemerintah, sementara PKS tegas mengatakan berada di luar pemerintahan," tegas Siti.

Dia katakan, jika Fahri dinilai keras mengkritik pemerintah karena secara konstitusi memang itu tugasnya. "Fahri keras mengkritik pemerintahan karena memang itulah tugas dia sebagai anggota DPR maupun sebagai pimpinan DPR," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Siti Zuroh mengingatkan PKS untuk tidak terbawa arus mengamini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News