PKS: Pengkhianatan di Masa Lalu Harus Jadi Pelajaran

PKS: Pengkhianatan di Masa Lalu Harus Jadi Pelajaran
Gatot Nurmantyo semasa masih menjadi Panglima TNI saat menghadiri seminar yang digelar Fraksi PKS DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada 27 September 2017. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini mengatakan, generasi bangsa terutama anak muda harus memahami dan belajar sejarah bangsa. Dia menegaskan, generasi muda jangan pernah melupakan sejarah.

“Seperti kata Bung Karno jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Setelah mempelajari diharapkan bisa menghargai lalu mewarisi semangat dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan,” kata Jazuli dalam sambutannya pada seminar Pancasila dan Integrasi Bangsa yang digelar FPKS di gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/9).

Menurut Jazuli, semua bentuk pengkhianatan dan ancaman terhadap Pancasila dan NKRI di masa lalu harus menjadi pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia.

Dia menegaskan, jangan mau diadu domba. Sebaliknya, harus terus menjalin persatuan dan kesatuan dengan sesama komponen bangsa.

Dia mengatakan, cukuplah peristiwa kejahatan PKI terjadi di masa lalu. Jangan sampai lagi terulang di masa kini dan ke depan.

“Kita tetap waspada dan terus menjalin persatuan dan kesatuan dengan sesama komponen bangsa utamanya dengan pemerintah dan aparat pertahanan dan keamanan,” katanya.

Seminar dibuka Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nurwahid dan para narasumbernya Presiden PKS Shohibul Iman, mantan Ketua MK Mahfud MD, dan budayawan Taufik Ismail.

Seminar ini digelar dalam rangka mengenang peristiwa G30S/PKI sekaligus peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Tema yang diangkat dalam seminar relevan dengan momentum peristiwa sejarah kelam pengkhianatan G30S/PKI dikaitkan dengan eksistensi NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara.

Jazuli mengatakan, seminar ini untuk mengingatkan rakyat Indonesia agar lebih mencintai Pancasila dan NKRI serta mengamalkan nilai-nilainya secara konsekuen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Di samping itu juga agar kita tetap waspada terhadap segala upaya yang ingin memecah belah bangsa,” papar Jazuli.

Fraksi PKS DPR menggelar seminar dalam rangka mengenang pengkhinatan PKI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News