JPNN.com

PKS Serukan Kampanye Negatif, Ini Reaksi Polri

Kamis, 18 Oktober 2018 – 02:54 WIB PKS Serukan Kampanye Negatif, Ini Reaksi Polri - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri menanggapi pernyataan dari Presiden PKS Sohibul Iman yang mempersilakan kadernya melakukan kampanye negatif.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, polisi tak mempermasalahkan hal tersebut. Asalkan, pihak yang merasa dirugikan tidak menyampaikan komplain.

"Sepanjang tidak ada komplain dan merasa dirugikan, its ok lah. Kalau ada komplain harus ditegakkan hukumnya," ujar Setyo di Jakarta, Rabu (17/10).

Dia menambahkan, kampanye negatif berbeda dengan kampanye hitam. Kampanye hitam jelas bisa dipidana karena cenderung berbau fitnah dan kebohongan.

"Kalau negative campaign kan kelemahan-kelemahan seseorang kemudian di-ekspose. Kalau yang bersangkutan merasa nyaman, cuek, ya tidak apa," katanya.

Namun sebaliknya, apabila ada yang merasa dirugikan akibat kampanye negatif tersebut, maka Polri bisa melakukan penyelidikan berdasarkan laporan.

"Kalau yang bersangkutan tidak nyaman dan merupakan katakan aib orang yang dieskpose, ya tidak boleh. Negative campaign kan gitu, mengeksploitasi kekurangan dan kelemahan seseorang," ucap Setyo.

Diketahui bahwa, Sohibul Iman dalam pidatonya memperbolehkan kadernya melakukan kampanye negatif pada Pilpres 2019 dengan catatan serangan yang dilakukan terhadap lawan sesuai dengan fakta. (cuy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...