Please, Jangan Dulu Masukkan Pak Tito ke Bursa Calon Kapolri

Please, Jangan Dulu Masukkan Pak Tito ke Bursa Calon Kapolri
Ketua Presidium IPW Neta S Pane. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengingatkan Komjen Tito Karnavian agar tidak ikut dalam bursa calon Kapolri. Pasalnya, Tito yang kini memimpin Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) masih punya masa dinas panjang.

Neta mengatakan, masih banyak senior yang jauh di atas Tito. Karenanya, ujar Neta, mantan Kapolda Metro Jaya itu perlu lebih dulu mendukung perwira yang lebih senior untuk menjadi Kapolri. "Tito terlalu yunior dan masih banyak senior di atasnya," kata  Neta, Senin (6/6).

Lebih lanjut Neta mengatakan, jika ada pihak yang mendorong Tito menjadi Kapolri, sebenarnya hal itu kurang baik bagi organisasi kepolisian. Sebab, lulusan Akpol angkatan 1987 itu akan memimpin banyak seniornya di Polri.

Selain itu, Tito masih punya masa yang lebih panjang untuk berkarier. "Kalaupun Tito akan menjadi Kapolri, mungkin bisa saja di masa mendatang, mengingat masa pensiunnya masih lama, yakni 2022," katanya.

Neta pun mengharapkan Presiden Joko Widodo untuk memilih calon Kapolri dari kader terbaik Polri yang punya integritas, dedikasi, pengalaman, prestasi, kepemimpinan, serta jaringan yang luas dan bisa diterima masyarakat. Patokannya adalah pasal 11 ayat 6 UU nomor 2 tahun 2002 tentang Polri yang mensyaratkan  calon Kapolri adalah perwira tinggi Polri yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karir.

Neta pun meminta Jokowi -sapaan Joko Widodo- tidak mendengarkan suara-suara dari pihak yang tidak jelas. "Yang tidak paham terhadap visi dan misi Polri ke depan," katanya.(boy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News