Please, Jangan Ikut Organisasi Baru Penebar Iming-Iming

Please, Jangan Ikut Organisasi Baru Penebar Iming-Iming
Ketua Tanfidziyah PBNU Marsudi Syuhud. Foto: YouTube

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Tanfidziyah PBNU Marsudi Syuhud menyatakan, ada cara sederhana untuk menghindar dari pengaruh gerakan radikal yang menganjurkan terorisme. Menurutnya, salah satu kunci penting menangkal terorisme adalah bersikap selektif dalam memilih organisasi.

Berbicara pada seminar nasional bertema Membangun Program Deradikalisasi Efektif, Upaya Menjaga Kedaulatan NKRI di Jakarta, Senin (30/5), Marsudi mengatakan, banyak organisasi pendatang baru yang biasanya menawarkan iming-iming ke warga agar mau bergabung. “Nggak usahlah ikut organisasi-organisasi pendatang baru,” katanya.

Seminar itu juga menghadirkan pembicara lainnya. Yakni Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irfan Idris dan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.  

Lebih lanjut Marsudi mengatakan, organisasi radikal yang menganjurkan terorisme memang tak menafikkan sejarah perjuangan bangsa. “Mereka-mereka itu kan tidak pernah merasakan sakitnya mendirikan bangsa ini,” ulasnya.

Ia menegaskan, di Indonesia ada dua organisasi yang komitmennya terhadap NKRI tidak diragukan lagi. Yakni NU dan Muhammadiyah.

Pernyataan Marsudi didukung oleh Dahnil. Menurutnya, baik NU atau pun Muhammadiyah sudah berdiri sejak sebelum ada NKRI.

Karenanya, kedua organisasi keagamaan itu juga berkontribusi pada berdirinya NKRI. “NKRI lahir dari NU dan Muhammadiyah. Jadi, tidak mungkin kita ikut menyakiti negara yang ikut kita lahirkan,” katanya.

Dia menambahkan, organisasi-organisasi pendatang baru yang mengusung radikalisme menyusup ke berbagai kelompok. Bahkan masjid dan lembaga pendidikan pun tak luput dari sasaran organisasi radikal penganjur terorisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News