Please, Taat Aturan Berlalu Lintas agar Arus Balik Lancar

Please, Taat Aturan Berlalu Lintas agar Arus Balik Lancar
Kondisi arus balik di Jalan Tol. ILUSTRASI. Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri terus menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi arus balik Lebaran yang akan mencapai puncaknya Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7). Meski demikian, Polri juga meminta pengguna jalan agar taat aturan berlalu lintas.

Kadiv Humas Polri Irjen Setya Wasisto mengatakan, mematuhi aturan di jalan merupakan kunci penting lalu lintas. "Karena kepatuhan itu modal untuk kelancaran lalu lintas," ujar Setyo di Jakarta, Kamis (29/6).

Selain itu, Setyo juga mengimbau pengemudi yang kelelahan untuk memanfaatkan keberadaan rest area. Jika rest area ditutup, sambungnya, para pengemudi hendaknya tidak memarkis kendaraan di pinggir jalan. "Karena itu mengganggu lalu lintas," tegasnya.

Berdasarkan pantauan Polri di lapangan, jalur selatan di Nagrek sudah padat, bahkan sempat tersendat. Jalur pantai utara atau Pantura Pulau Jawa pun sudah mengalami peningkatan volume kendaraan yang menuju Jakarta.

Setyo menjelaskan, tol fungsional Gringsing-Brebes sudah dibuka pagi tadi. "Dengan dibukanya ini maka akan mampu menampung arus (kendaraan) dari timur," ujarnya.

Hanya saja, jalur tol fungsional itu memang belum maksimal. Pengemudi yang menggunakan jalur tol fungsional itu dilarang melaju melebihi kecepatan 40 kilometer per jam.

Setyo menegaskan, jalut itu masih rawan sehingga pengemudi juga diarang kebut-kebutan dan saling salip. "Kemarin saya lihat sendiri dari pantauan udara, kalau semua sesuai aturan semua lancar," tegasnya.(boy/jpnn)


Polri terus menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi arus balik Lebaran yang akan mencapai puncaknya Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7). Meski demikian,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News