PLN Bangun Lima Pembangkit Mikro Hidro

Juga Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

PLN Bangun Lima Pembangkit Mikro Hidro
PLN Bangun Lima Pembangkit Mikro Hidro
JOGJA - Indonesia dengan suhu tropisnya membuat banyak memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Namun sayang, melimpahnya SDA belum sepenuhnya digarap secara maksimal, baik pemerintah maupun masyarakat, terutama untuk pemenuhan pasokan listrik. Salah satu potensi sumber daya alam yang dapat diubah sebagai sumber energi listrik ialah mikro hidro/air, matahari dan biotanol. Dan sebagai satu-satunya perusahaan penyedia listrik, PLN pun terus berupaya mengembangkan engergi terbaru dari SDA yang ada untuk memenuhi pasokan listrik di tanah air.

"Terus terang memang kita belum serius menggarap sumber energi yang kita miliki," kata  Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan dalam acara talk show bertema tantangan pemenuhan sumber daya manusia berkualitas unutk pemenuhan energy nasional di auditorium University Club (UC) UGM, kemarin (14/7). Acara ini diselenggarakan Engineering Career Center (ACC) UGM  dan didukung Radar Jogja.

Dahlan menambahkan satu-satunya sebagai perusahaan negera penyedia listrik, PLN telah menyediakan dana sebesar Rp 250 miliar untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Proyek pembangkit tenaga air ini akan dibangun di pulau-pulau terpencil di tanah air yang mulai dikerjakan tahun ini dan ditargetkan selesai akhir 2012 mendatang.

"Sumatera Utara merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang sudah ditetapkan sebagai kota pembangkit tenaga mikro hidro, kini tinggal daerah lain menyusul seperti Sumbawa yang sebagian sudah mengandalkan mikro hidro. Flores juga sudah menggunakan pembangkit listrik biotanol," terang mantan wartawan Jawa Pos ini.

JOGJA - Indonesia dengan suhu tropisnya membuat banyak memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Namun sayang, melimpahnya SDA belum sepenuhnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News