PLN Geothermal Target 2x10 Mw

PLN Geothermal Target 2x10 Mw
PLN Geothermal Target 2x10 Mw
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara Geothermal, anak perusahaan PT PLN, mulai melakukan eksplorasi sumur di wilayah kerja panas bumi Tulehu, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, Maluku. Hasil pengeboran ini, diharapakan bisa menggerakan pembangkit listrik tenaga panas bumi berkapasitas 2x10 megawatt.

"Proyek ini merupakan garapan pertama PLN Geothermal di Maluku. PLN membuktikan dukungan terhadap pengadaan pembangkit energi baru terbarukan. Proyek ini kita harapkan dapat beroperasi pada tahun 2014," kata Direktur Utama PT PLN Geothermal, Tjahjo Sasmojo, Minggu (5/12).

 

Tjahjo mengatakan, untuk pendanaan pembangunan proyek ini, PLN Geothermal mendapatkan pinjaman murah sebesar US$ 80 juta berupa soft loan dari Japan International Coorporation Agency (JICA). "Proyek ini membutuhkan anggaran sekitar USD 86 juta, dengan masa operasi 30 tahun. Untuk dana eksplorasi yang diperkirakan sekitar USD 8 juta biayai oleh PT PLN," ungkapnya.

Dengan beroperasinya PLTP Tulehu, lanjut Tjahjo, PLN tidak menggunakan bahan bakar solar, dan dengan adanya PLTP ini akan menghemat sekitar Rp250 miliar.

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara Geothermal, anak perusahaan PT PLN, mulai melakukan eksplorasi sumur di wilayah kerja panas bumi Tulehu, Desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News