PLN Rampungkan Pembangunan SUTT 150 kV Antar Pulau di Sulawesi dengan TKDN 84,75 Persen

PLN Rampungkan Pembangunan SUTT 150 kV Antar Pulau di Sulawesi dengan TKDN 84,75 Persen
PT PLN berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan listrik di Pulau Muna melalui transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Raha–Baubau dan GI 150 kV Raha. Foto dok PLN

jpnn.com, SULAWESI TENGGARA - PT PLN (Persero) berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan listrik di Pulau Muna melalui transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Raha–Baubau dan GI 150 kV Raha.

Keberadaan infrastruktur kelistrikan ini akan meningkatkan keandalan listrik dan ekonomi antar pulau di Sulawesi.

Pemberian tegangan listrik pertama (energize) berhasil dilaksanakan secara bertahap, yakni energize GI 150 kV Raha pada 2 Desember 2022 line pertama (sirkit I), kemudian energize untuk line kedua (sirkit II) pada 5 Desember 2022.

Bupati Muna La Ode Muhammad Rusman Emba mengapresiasi pembangunan infrastruktur listrik di wilayahnya.

La Ode optimistis keberadaan SUTT ini akan mendorong roda perekonomian di Pulau Muna dan sekitarnya.

“Saya mewakili masyarakat Kabupaten Muna berterima kasih kepada PLN, karena dengan adanya jaringan ini akan meningkatkan sistem kelistrikan di daerah kami, tentu hal ini akan menjadi kekuatan bagi kami karena akan mendorong roda perekonomian di sini," kata La Ode.

Apalagi, kata La Ode, saat ini banyak pabrik pengolahan jagung di Kabupaten Muna.

Dan, rencananya akan ada pembangunan 1000 hektar tambak bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta pengembangan industri di wilayah Muna Timur.

PLN meyakini keberhasilan pembangunan SUTT ini akan menambah semangat untuk mengembangkan investasi di Kabupaten Muna karena listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News