PLN Segera Akuisisi PGE dan Chevron

PLN Segera Akuisisi PGE dan Chevron
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – PLN segera mengakuisisi Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan Chevron Geothermal tahun ini. Langkah itu merupakan bentuk keseriusan PLN memasuki bisnis pembangkit listrik tenaga bumi.

Sebagaimana diketahui, PGE dan Chevron merupakan perusahaan kelistrikan geotermal.

Dirut PLN Sofyan Basir mengungkapkan, perusahaannya tertarik mengakuisisi PGE. Bahkan, Kementerian BUMN sebagai kuasa pemegang saham pemerintah di PLN dan Pertamina sudah memberikan lampu hijau.

’’Kira-kira dua minggu lalu, kami bertemu bersama-sama,’’ ujar Sofyan saat menghadiri The 4th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) di Jakarta Convention Center kemarin (10/8).

Dalam pertemuan itu, sudah ada instruksi dari Menteri BUMN Rini Soemarno untuk merealisasikan wacana akuisisi. Opsi akuisisi terhadap PGE diambil karena pemerintah menargetkan pembangkit listrik tujuh ribu mw dari panas bumi pada 2025.

PLN sejak berdiri hingga kini baru memiliki pembangkit berkapasitas 1.600 mw.

Pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) tidak masuk opsi lantaran kebutuhan PLN mendesak.

Akuisisi bisa memotong lamanya pembangunan pembangkit. Selain itu, kekuatan eksplorasi PGE lebih besar karena ditopang kekuatan PLN dan Pertamina. Nanti PLN dan Pertamina berbagi porsi saham masing-masing 50 persen.

JAKARTA – PLN segera mengakuisisi Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan Chevron Geothermal tahun ini. Langkah itu merupakan bentuk keseriusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News