PLN Seriusi Pembangklit Tenaga Surya

Lima Pulau jadi Proyek Percontohan

PLN Seriusi Pembangklit Tenaga Surya
Dirut PT PLN Dahlan Iskan. Foto : Wijaya Satria/Batam Pos/JPNN
BATAM - Direktur Utama PT PLN, Dahlan Iskan, menyatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya memenuhi kebutuhan listrik di seluruh Indonesia, tak terkecuali di pulau-pulau terpencil, Menurut Dahlan, PLN telah mencanangkan proyek percontohan (pilot project) untuk mengatasi krisis listrik di pulau-pulau terpencil.

Berbicara pada pada Rembuk Kelistrikan Nasional Menuju Indonesia Terang yang digelar Institut Lembang Sembilan (L9) bekerja sama dengan PT PLN di Hotel Nagoya Plasa, Batam, Sabtu (3/7), Dahlan mengatakan, upaya yang dilakukan PLN adalah dengan membangun pembangkit listrik tenaga matahari.

Disebutkannya, saat ini terdapat lima pulau terkenal di Indonesia yang jadi pilot project pembangkit listrik tenaga matahari, yakni Pulau Banda (Ambon), Bunaken (Sulut), Wakatobi (kendari), Gili Trawangan (Lombok) dan satu pulau satu pulau lainnya

Menurut Dahlan, pada akhir tahun ini pembangkit listrik tenaga matahari di lima pulau tersebut rampung. "Kalau berhasil, maka akan dipakai di semua pulau yang memang tak memungkinkan dibangun pembangkit listrik oakai energi primer lainnya seperti solar. Jadi polanya udah ada," ujar Dahlan seperti dikutip Batam Pos (grup JPNN).

BATAM - Direktur Utama PT PLN, Dahlan Iskan, menyatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya memenuhi kebutuhan listrik di seluruh Indonesia, tak terkecuali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News