Plt Menpora: Indonesia Tidak Memberi Ruang Bagi Penjajah

Plt Menpora: Indonesia Tidak Memberi Ruang Bagi Penjajah
Menko PMK sekaligus Plt Menpora Muhadjir Effendy. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Plt Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy mengatakan sikap Indonesia sebenarnya tegas dengan menolak setiap bentuk penjajahan karena sesuai konstitusi.

Dia mengatakan itu saat hadir dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi X DPR RI yang satu isunya membahas Piala Dunia U-20 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3).

"Indonesia itu menjadi merdeka juga asalnya dijajah, karena itu tidak akan memberikan ruangan sekecil apa pun kepada mereka yang masih dalam posisi menjajah," kata Plt Menpora.

Pria bergelar profesor itu mengatakan perwakilan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah melobi FIFA berkaitan sikap Indonesia yang menolak penjajahan.

Adapun, lobi dilakukan karena Indonesia di menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, sedangkan satu peserta ajang dua tahunan itu ialah Israel yang dianggap menjajah Palestina.

Menurut Muhadjir, pemerintah mewanti-wanti kepada pihak PSSI dalam melobi FIFA agar tidak melanggar konstitusi.

"Sudah saya sampaikan, jangan sampai menabrak konstitusi ini, karena kalau nabrak konstitusi konsekuensinya besar," kata mantan Mendikbud RI itu.

Muhadjir melanjutkan sikap tegas menolak penjajahan bukan mengacu ke satu negara dalam hal ini Israel.

Plt Menpora Muhadjir Effendy mengatakan sikap Indonesia tidak memberi ruang bagi penjajah sebagaimana amanat konstitusi. Ini soal Israel di Piala Dunia U-20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News