PLTM Madong Beroperasi, Bauran EBT Sulawesi Selatan Naik Jadi Sebegini

PLTM Madong Beroperasi, Bauran EBT Sulawesi Selatan Naik Jadi Sebegini
Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Madong. Foto dok PLN

jpnn.com, SULAWESI SELATAN - Sistem kelistrikan di Sulawesi bagian selatan kian andal dan hijau seiring dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro Madong berkapasitas 2x5 megawatt (MW).

PLTM yang terletak di Desa Madong, Kecamatan Dende' Piangan Napa, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, itu beroperasi sejak Maret 2022.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat Awaluddin Hafid mengatakan, pengoperasian PLTM Madong meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) sistem kelistrikan PLN di Sulawesi bagian selatan menjadi 38,8 persen dan meningkatkan rasio elektrifikasi.

Saat ini rasio elektrifikasi di Sulawesi Selatan adalah 99,78 persen.

“Kami optimistis rasio elektrifikasi di Sulawesi Selatan terkhusus Kabupaten Toraja Utara dapat meningkat,” kata Awaluddin.

Menurut Awaluddin, PLTM Madong dapat melistriki industri skala menengah serta 10 ribu rumah tangga dengan daya 900 Volt Ampere (VA).

PLTM itu juga dapat mendukung industri dalam negeri untuk memenuhi syarat ekspor, yaitu penggunaan listrik hijau.

“Dengan begitu, perkembangan industri semakin bergairah,” ucap dia.

Beroperasinya PLTM Madong akan membantu industri dalam negeri untuk memenuhi syarat ekspor, yaitu penggunaan listrik hijau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News