PM Kamboja Sepertinya Bakal Mengabaikan Pesan Pak Jokowi

PM Kamboja Sepertinya Bakal Mengabaikan Pesan Pak Jokowi
PM Kamboja Hun Sen. Foto: Reuters

jpnn.com, PNOM PENH - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen tidak berusaha menemui mantan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi selama kunjungannya ke negara itu pekan ini, dan akan menempuh "pendekatan berbeda" menyikapi krisis di sana.

Pernyataan yang disampaikan Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn itu mengindikasikan bahwa negara yang merupakan ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini, mungkin akan mengundang pejabat junta Myanmar ke pertemuan ASEAN.

Padahal, ASEAN telah mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan tidak mengikutsertakan pemimpin junta Myanmar dalam KTT tahun lalu.

Bahkan, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sampai menelepon Hun Sen beberapa saat sebelum kepala negara terlama di dunia itu bertolak ke Myanmar, khusus untuk mengingatkannya agar tidak memberi Myanmar keringanan sebelum negara itu mengadopsi konsensus lima poin yang disusun ASEAN.

Hun Sen, yang merebut kekuasaan dalam kudeta 1997 dan dalam pemilihan berikutnya dikritik atas tindakan keras terhadap lawan politiknya, kembali dari Myanmar pada Sabtu setelah kunjungan selama dua hari di Myanmar.

Kunjungannya adalah yang pertama dilakukan oleh seorang kepala pemerintahan sejak tentara menggulingkan pemerintahan sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari tahun lalu, yang memicu protes selama berbulan-bulan dan tindakan keras yang mematikan.

Tentara Myanmar mengatakan pengambilalihan kekuasaan adalah tanggapan atas kecurangan pemilu dan sejalan dengan konstitusi.

Media pemerintah Myanmar pada Sabtu melaporkan bahwa Min Aung Hlaing berterima kasih kepada Hun Sen karena "berpihak pada Myanmar".

Padahal, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sampai menelepon Hun Sen beberapa saat sebelum kepala negara terlama di dunia itu bertolak ke Myanmar, khusus untuk mengingatkannya

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News