PM Scott Morrison Batalkan Rencana Usia Pensiun 70 Tahun di Australia

PM Scott Morrison Batalkan Rencana Usia Pensiun 70 Tahun di Australia
PM Scott Morrison Batalkan Rencana Usia Pensiun 70 Tahun di Australia

Perdana Menteri Australia yang baru Scott Morrison telah membatalkan rencana pemerintahannya untuk menaikan usia pensiun menjadi 70 tahun di tahun 2035.

PM Morrison menyampaikan hal tersebut dalam wawancara televisi hari Rabu (5/9/2018) bahkan sebelum kabinet yang dipimpinnya secara resmi menyetujui hal tersebut.

Kebijakan ini sebelumnya berulang kali diserang oleh pihak oposisi Partai Buruh, khususnya menyoroti dampak terhadap mereka yang memiliki pekerjaan yang melibatkan fisk.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Utama Australia di tahun 2014 Joe Hockey mengumumkan rencana pemerintah untuk menaikkan usia pensiun dari 67 menjadi 70 tahun dalam rancangan APBN ketika itu guna mendanai biaya untuk menangani populasi yang semakin lanjut.

Senat Parlemen Australia sejauh ini menolak untuk mengesahkan rencana tersebut, namun sampai kemarin pemerintah masih menjadikannya kebijakan resmi.

Kepada jaringan televisi Channel Nine hari Rabu pagi, PM Morrison mengatakan bahwa menurut pendapatnya kebijakan itu tidak lagi diperlukan.

"Ini salah satu hal yang akan saya ganti dengan cepat." kata Morrison kepada Channel Nine setelah mendapat pertanyaan dari seorang pemirsa.

Wakil Perdana Menteri Michael McCormack yang berasal dari Partai koalisi Partai Nasional mengatakan membatalkan kebijakan sebelumnya tersebut merupakan 'tindakan yang pragmatis dan masuk akal."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News