Mantan Pejabat Senior Imigrasi Tolak Kebijakan Dutton Bebaskan Pengasuh Asing

Mantan Pejabat Senior Imigrasi Tolak Kebijakan Dutton Bebaskan Pengasuh Asing
Mantan Pejabat Senior Imigrasi Tolak Kebijakan Dutton Bebaskan Pengasuh Asing

Mantan pejabat imigrasi senior mengungkapkan penentangan mereka atas keputusan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton untuk membebaskan dua pengasuh asing dari tahanan imigrasi.

Pengasuh asal Perancis, Alexandra Deuwel dibebaskan pada Oktober 2015, setelah sepupu calon majikannya yang merupakan bos AFL, Gillon McLachlan, meminta bantuan Peter Dutton.

Beberapa bulan sebelumnya, Peter Dutton memerintahkan seorang pengasuh asing asal Italia,  Michela Marchisio juga dibebaskan, setelah ada lobi dari calon majikannya, seorang polisi yang pernah bekerja dengan Peter Dutton di Queensland.

Mantan Pejabat Senior Imigrasi Tolak Kebijakan Dutton Bebaskan Pengasuh Asing Photo: Mantan pejabat di Departemen Imigrasi, Viviana Barrio. (ABC News)

Viviana Barrio pernah bekerja untuk Departemen Imigrasi selama 23 tahun, termasuk tiga tahun bertanggung jawab atas imigrasi di Bandara Melbourne, Victoria di mana dia secara teratur menahan turis yang dicurigai akan berusaha menggunakan visa turisnya untuk bekerja.

"Sepanjang 23 tahun berkarir, saya belum pernah melihat seorang menteri memberikan visa turis kepada seorang pengasuh asing," katanya pada program ABC 7.30.

"Seorang menteri seharusnya tidak melakukan intervensi dalam kasus semacam ini. Kekuatan intervensi sangat berharga.

"Ini adalah kurangnya penghormatan terhadap sistem yang memungkinkan diambilnya kebijakan penuh kasih dalam kasus-kasus yang sangat ekstrim, bukan kasus-kasus semacam ini."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News