PM Singapura Ribut dengan Saudara Akibat Rumah Warisan

PM Singapura Ribut dengan Saudara Akibat Rumah Warisan
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Foto: EPA

jpnn.com, SINGAPURA - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sedang didera konflik keluarga. Dia terlibat sengketa dengan dua saudara kandungnya, Lee Wei Ling dan Lee Hsien Yang.

Hsien Loong, Wei Ling dan Hsien Yang adalah anak-anak pendiri Singapura Lee Kuan Yew. Ketiganya terlibat konflik terbuka terkait sengketa rumah peninggalan sang ayah.

Wei Ling dan Hsien Yang menuding Hsien Loong tak jujur soal keinginan ayah mereka tentang rumah yang terletak di 38 Oxley Road, Singapura. Kabarnya, Lee Kuan Yew sebelum meninggal pada Maret 2015 pernah menginginkan rumahnya dibongkar. Alasannya, Lee tak mau rumahnya menjadi semacam ‘kuil politik’.

Namun, Hsien Yang mengangap Hsien Loong punya ambisi tersembunyi. Hsien Loong, sebut Hsien Yang, memang membuat pernyataan ke publik bahwa keputusan untuk menghancurkan rumah warisan itu tak perlu dilakukan secepatnya.

Hanya saja, lanjutnya, Hsien Loong ternyata diam-diam membentuk semacam komite rahasia yang berisi sejumlah menteri. Tugas komite itu adalah mengeksplorasi dan membuat semacam rekomendasi.

“Kemauan itu final dan mengikat. Kami tak tak percaya pada Lee Hsien Loong ataupun komite rahasianya,” tulis Hsien Yang dalam akunnya di Facebook.

Ketika keinginan Lee Kuan Yew itu diakui sebagai keputusan yang final dan mengikat, Hsien Loong memang tidak mengajukan gugatan hukum. Meski demikian dia secara pribadi menulis surat kepada komite bahwa tidak ada bukti soal ayahnya memiliki keinginan terakhir agar rumah bersejarah itu dihancurkan sebagaimana klaim Hsien Yang dan Wei Ling.

Hsien Yang juga mengklaim bahwa Hsien Loong pernah bersumpah dalam sebuah deklarasi tentang keinginan ayah mereka soal penghancuran rumah. Namun, ada hal kontradiktif dalam pernyataan Hsien Loong.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sedang didera konflik keluarga. Dia terlibat sengketa dengan dua saudara kandungnya, Lee Wei Ling dan Lee

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News