PM Solomon Bersuara, China Bakal Punya Pangkalan Militer Dekat Papua?

PM Solomon Bersuara, China Bakal Punya Pangkalan Militer Dekat Papua?
Peta Kawasan Oceania. Terlihat Kepulauan Solomon terletak tak jauh dari Pulau Papua. Konon, China berencana membangun pangkalan angkatan laut di sana Peta: Wikipedia

jpnn.com, SYDNEY - PM Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengaku tersinggung melihat reaksi internasional terhadap negosiasi keamanan antara negaranya dengan China.

Sogavare mengatakan kepada parlemen pada Selasa bahwa dokumen kerja sama dengan China yang bocor adalah rancangan.

Dia pun menolak memberikan rincian tentang versi final yang diserahkan kepada China.

"Kami tidak ditekan dengan cara apa pun oleh teman-teman baru kami dan tidak ada niat apa pun untuk meminta China membangun pangkalan militer di Kepulauan Solomon," katanya.

Dia menambahkan, Kepulauan Solomon sebelumnya telah meminta Australia untuk membangun pangkalan angkatan laut dan ditolak.

Australia berdalih tindakan tersebut tidak etis mengingat program pertahanannya dengan Papua Nugini.

"Kami tidak berniat, Ketua Dewan, untuk terlibat dalam perebutan kekuasaan geopolitik," katanya, seraya menambahkan bahwa negara kepulauan Pasifik itu tidak akan "berpihak".

Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinan tentang potensi pakta keamanan antara pulau Pasifik itu dan China yang dapat mengarah ke pangkalan militer.

PM Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare untuk pertama kalinya menanggapi isu kerja sama pangkalan militer dengan China, kabar buruk untuk Indonesia?

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News