PMI Gandeng Pusat Grosir Tanah Abang

PMI Gandeng Pusat Grosir Tanah Abang
PMI Gandeng Pusat Grosir Tanah Abang
JAKARTA - Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan Pusat Grosir Blok A Tanah Abang menyediakan gerai unit donor darah (UDD) di lokasi pasar. Hal itu untuk memberikan kemudahan kepada para pengunjung yang hendak berdonor darah. Ini juga untuk menunjang tingginya kebutuhan darah di ibu kota.

Dalam sehari kebutuhan darah di Jakarta mencapai 1.000 kantong darah. “Peluncuran gerai unit donor darah di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang ini berdekatan dengan bulan puasa yang sering terjadi permasalahan kurangnya jumlah pendonor. Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memang sudah waktunya berdonor untuk segera mendonor, jangan menunda,” ujar Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang.

Menurut Jusuf Kalla, persmian gerai tersebut untuk mendekatkan donor darah kepada masyarakat. Sehingga menjadi bagian dari gaya hidup. Program pembangunan gerai UDD di mal dan kampus ini menjadi salah satu upaya PMI untuk mencapai 4,8 juta kantong darah yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam skala nasional.

“Idealnya stok kantong darah yang diperlukan secara nasional adalah dua persen dari jumlah penduduk yaitu 4,8 juta kantong darah. Sejauh ini, PMI baru bisa mengumpulkan 1,9 juta kantong darah. Jadi masih kurang sekitar 3 juta kantong,” ungkap dia.  Dalam waktu dekat, gerai UDD juga akan dibuka di Universitas Trisakti, Jakarta dan selanjutnya akan didirikan di Mal Makassar dan Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar, Olympic Garden Malang, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, dan Universitas Jember.

JAKARTA - Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan Pusat Grosir Blok A Tanah Abang menyediakan gerai unit donor darah (UDD) di lokasi pasar. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News