PNG Umumkan Keadaan Darurat Pasca Gempa 7,5 SR

PNG Umumkan Keadaan Darurat Pasca Gempa 7,5 SR
PNG Umumkan Keadaan Darurat Pasca Gempa 7,5 SR

Pemerintah Papua Nugini (PNG) mengumumkan keadaan darurat untuk sejumlah Wilayah Dataran Tinggi yang hancur akibat gempa berkekuatan 7,5 SR. Australia sudah mempersiapkan bantuan ke daerah-daerah terdampak.

PNG telah mengalokasikan $ 180 juta langkah pemulihan, namun pengumuman keadaan darurat ini memungkinkan masuknya jutaan dolar bantuan internasional ke negara yang mengalami kesulitan keuangan tersebut.

"Ini bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya di Wilayah Dataran Tinggi. Pemerintah sedang melakukan langkah-langkah untuk mengatasinya," kata Perdana Menteri Peter O'Neill.

Pemerintah Australia menjanjikan $ 200.000 untuk bantuan dan pengiriman persediaan kebutuhan mendasar - terpal, wadah air dan tablet pemurnian air - yang diterbangkan ke lokasi hari ini.

PNG Umumkan Keadaan Darurat Pasca Gempa 7,5 SR
Perusahaan eksplorasi minyak dan gas Oil Search menghentikan sementara operasionalnya di dekat zona gempa.

Supplied: Oil Search

Pemerintah PNG menyatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan, namun penduduk di wilayah gempa mengaku belum mendapatkan apa-apa.

Euralia Tagobe, seorang warga Kota Tari yang letaknya paling dekat dengan pusat gempa, mengatakan banyak warga yang frustrasi.

"Warga sangat kecewa karena para wakil rakyat kami tidak datang ke lokasi secepat mungkin," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News