PNM Beri 10 Ribu Lebih Bibit Unggul dalam Peringatan Hari Tani Indonesia

PNM Beri 10 Ribu Lebih Bibit Unggul dalam Peringatan Hari Tani Indonesia
PNM berdayakan sektor pertanian dengan penanaman 10 ribu bibit unggul dalam peringatan Hari Tani Nasional ke-63 baru-baru ini. Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berdayakan sektor pertanian dengan penanaman 10 ribu bibit unggul dalam peringatan Hari Tani Nasional ke-63 baru-baru ini.

Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi menjelaskan lebih bibit tanaman, 5.000 kilogram bibit cabai, 5.500 kilogram biji kobis, 1.500 kilogram biji sawi putih, 50 kilogram bibit jagung, dan 4.250 pohon singkong, pada mulai dari 27 September 20203 - 5 Oktober 2023 di 5 desa binaan PNM atau Kampung Madani yakni Kendari, Blitar, Wonogiri, Pontianak, dan Tasikmalaya.

“Ada hubungan dekat antara nasabah kami dan sektor pertanian, terhitung nasabah kami di sektor pertanian menduduki persentase terbesar kedua setelah sektor perdagangan yakni sebanyak 15,5 persen,” ucap Arief.

Menurutnya, Agustus 2023 ini, data dari seluruh Indonesia menyatakan 71 persen nasabah PNM berada di sektor perdagangan, lalu 15,5 persen berada di sektor pertanian, namun sektor lain hanya berisikan 1-3 persen saja.

"PNM ikut memberdayakan para pelaku usaha di sektor tani," ungkap Arief.

PNM juga seringkali melakukan program program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) di ranah pertanian.

Arief mencontohkan penanaman bibit duren dengan komunitas BenihBaik, atau klasterisasi usaha di desa-desa yang membentuk usaha pakan ternak, budi daya maggot, dan masih banyak lagi.

"Khususnya dalam kegiatan ini dilakukan penanaman bibit cabai rawit, kobis, sawi putih, jagung, dan pohon singkong. Selain kaya manfaat, PNM melihat kebutuhan dari variasi tanaman tani ini," jelas Arief.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berdayakan sektor pertanian dengan penanaman 10 ribu bibit unggul dalam peringatan Hari Tani Nasional ke-63 baru-baru ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News