PNS Enggan Tes HIV

PNS Enggan Tes HIV
PNS Enggan Tes HIV

jpnn.com - KAYUAGUNG - Puluhan Pengawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten OKI lebih memilih kabur dan tak memenuhi undangan Komisi Penanggulangan HIV/Aids saat menggelar Tes HIV/Aids   di RSUD Kayuagung, kemarin. Sebelumnya, data terakhir ada 74 warga OKI ditemukan positif HIV.

Pantauan di lapangan, sejak pagi  KPA Kabupaten OKI  bekerjasama LSM Sahabat Pelangi selaku perpanjangan tangan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumsel, melakukan sosialisasi HIV/Aids.
     
Namun saat dilakukan tes, kebanyakan PNS enggan mengikuti tes, lebih memilih keluar ruangan. Meski ada juga masih bertahan. Sementara masyarakat umum terlihat antusias memeriksakan kesehatannya. Setidaknya, lebih 300 warga mengikuti tes ini.
     
Ketua KPA OKI, H Ruslan Bahri melalui Sekretaris, H Fahruddin Tauhid mengatakan, tes ini untuk mengetahui apakah warga terinveksi virus berbahaya atau tidak.

Melalui kegiatan ini, diberikan kesempatan bagi warga, baik umum dan PNS yang ingin memeriksakan diri dan mendeteksi virus HIV .

Ditambahkan Direktur LSM Sahabat Pelangi, Amrina Rosyada, pemeriksaan HIV ini diprioritaskan pada kelompok umum dan PNS.

”Kegiatan ini sebagai upaya untuk menekan penularan virus HIV/AIDS di Kabupaten OKI. Sesuai target, kita melakukan tes HIV terhadap 1.000 warga OKI. Sebelumnya kita sudah melakukan tes terhadap warga beresiko tinggi,” ujarnya.
      
Sementara, Asisten III Setda OKI, Husin mengaku, pihaknya mendukung kegiatan penanggulangan HIV ini. (cr04)


KAYUAGUNG - Puluhan Pengawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten OKI lebih memilih kabur dan tak memenuhi undangan Komisi Penanggulangan HIV/Aids saat menggelar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News