PNS Jabar Kurban Ribuan Kambing

PNS Jabar Kurban Ribuan Kambing
PNS Jabar Kurban Ribuan Kambing

jpnn.com - BANDUNG--Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Hari Raya Iduladha harus menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Peristiwa kurban yang dialami Nabi Ibrahim dan Ismail, harus diteladani oleh seluruh umat muslim di Jabar.

“Ibrahim dan keluarganya yang melegenda menjadi inspirasi kepada kita semua untuk meningkatkan kualitas pribadi kita dengan hikmah berupa ilmu, kebijaksanaan, dan akhlak mulia. Serta membangun ketahanan keluarga dengan fondasi tauhid yang kokoh,” kata Heryawan usai menggelar Shalat Idul Adha 1437 H, di Masjid Raya Bandung Provinsi Jabar, di Kota Bandung, Senin (12/9).

Heryawan menilai, saat ini generasi muda kita terus dicecar oleh berbagai hal yang bisa merusak mereka, terutama dengan mudahnya arus informasi dari luar. Padahal, kata dia, generasi muda merupakan tulang punggung negara dan bangsa di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail harus menjadi inspirasi bagi masyarakat. “Keluarga Ibrahim telah berhasil melewati ujian Ilahi, dan keluar sebagai juara. Mereka berhasil meningkatkan sifat kemanusiaannya dengan keimanan dan mengeliminir sifat kebinatangan,” ujarnya.

Bahkan, Heryawan memastikan, umat saat ini membutuhkan keluarga seperti Nabi Ibrahim AS yang berhasil menyembelih kebinatangannya serta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Ilahi dalam kehidupannya. “Model keluarga Ibrahim ini menjadi inspirasi di tengah realitas peradaban manusia yang dipenuhi sifat-sifat kebinatangan,” tegasnya.

Dalam shalat Idul Adha 1437 H di Masjid Raya tersebut, kemarin, Heryawan bertindak sebagai khatib. Adapun imam shalat dipercayakan pada Hadiyan Akbar yang merupakan juara internasional Hafidz 30 Juz Al Quran.

Dalam kesempatan itu, Heryawan menyembelih hewan kurbannya sendiri di lokasi tersebut. Selain hewan kurbannya, sapi simental dari Jokowi pun disembelihnya.

Dia mengaku, sejak 2008 rutin menyembelih sendiri hewan kurbannya. “Memotong hewan kurban dengan tangan sendiri jauh lebih terasa makna berkurban. Tentu merasa lebih kokoh, lebih afdhol,” katanya seraya menyebut makna berkurban adalah rela menyisihkan sebagian hartanya untuk berkurban.

BANDUNG--Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Hari Raya Iduladha harus menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Peristiwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News