PNS Terlibat Pembakaran Lahan

PNS Terlibat Pembakaran Lahan
PNS Terlibat Pembakaran Lahan

jpnn.com - BANGKINANG - Pembakaran ribuan hektare lahan di Kampar, Riau, belakangan diduga melibatkan seorang pegawai negeri sipil (PNS) Pemkab Kampar. Ironisnya, seorang PNS itu mengaku dari Dinas Kehutanan (Dishut) Kampar.

"Dia sudah dihentikan beberapa tahun yang lalu," tutur Kasi Pengamanan dan Kebakaran Hutan Dishut Kampar Darwin Saragih yang mendampingi Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Kampar Ir Mhd Syukur, Jumat  (27/9).

Diduga, orang yang mengaku PNS aktif tersebut membakar lahan di Siak Hulu. Lalu, kebakaran itu merembet ke perkebunan warga seluas 600 hektare. "Inisialnya RMS," jelas Darwin.

Dia menjelaskan, banyak faktor yang memicu kebakaran lahan di Buluh Cina tersebut. Salah satunya, konflik lahan. "Kami sudah mengantongi nama-nama yang terlibat. Saat ini kamu mulai memanggil saksi," ujarnya.

Menurut dia, seorang PNS lain juga terlibat dalam pembakaran lahan di Lipat Kain. PNS yang berinisial Iz alias PKR itu diduga bertugas di salah satu instansi di Kampar.

Dalam penyelidikan awal, PKR menyatakan bahwa tanah yang dibakar itu adalah milik kelompok tani. Namun, saat dikonfirmasi kepada para pekerja di Lipat Kain, nama anggota kelompok yang disebut PKR itu ternyata fiktif. ''Dishut segera membentuk tim untuk menyelidiki kasus ini. Setelah mendapat bukti, kami akan laporkan kepada bupati,'' tegasnya. (rdh/jpnn)


BANGKINANG - Pembakaran ribuan hektare lahan di Kampar, Riau, belakangan diduga melibatkan seorang pegawai negeri sipil (PNS) Pemkab Kampar. Ironisnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News