Polairud Tanam 73 Ribu Bibit Mangrove Serentak di Seluruh Indonesia

Polairud Tanam 73 Ribu Bibit Mangrove Serentak di Seluruh Indonesia
Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran. Dok: Humas Polri.

jpnn.com, TANGERANG - Jajaran Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Baharkam menanam 73 ribu bibit mangrove secara serentak di seluruh Indonesia.

Hal itu sengaja dilakukan untuk melestarikan ekosistem bawah laut dan meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir.

Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran mengatakan penanaman mangrove sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-73 Polairud guna menjaga keberlangsungan ekosistem laut yang dimana saat ini sebagian pantai telah abrasi.

"Kami menanam 73 ribu bibit mangrove di seluruh Indonesia, ini bagian dari program nasional dan ini menjadi kebijakan dunia yang namanya blue carbon yang merupakan projek mengharuskan semua negara untuk menghasilkan oksigen yang bersumber dari hutan mangrove," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Dia menyampaikan rehabilitasi mangrove dilakukan secara serentak di 73 titik di seluruh Indonesia, yang mana setiap titik dilakukan penanaman 2.000 bibit mangrove.

Penanaman mangrove dipusatkan di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten.

Menurutnya, saat ini banyak terumbu karang yang rusak, begitupun pantai yang mengalami abrasi akibat hutan mangrove yang berubah peruntukan, sehingga dia menekankan pentingnya dilakukan rehilitasi hutan mangrove.

"Beribu hektare hutan mangrove atau hutan bakau kita yang berubah peruntukkan. Oleh sebab itu, kita harus terus menggelorakan, memasifkan kegiatan tanam mangrove," ujarnya.

Polairud mengadakan penanaman 73 ribu bibit mangrove serentak di seluruh Indonesia.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News