Polda Jatim Temukan Bahan Bom Berdaya Ledak Tinggi di Lokasi Ledakan Pasuruan

Polda Jatim Temukan Bahan Bom Berdaya Ledak Tinggi di Lokasi Ledakan Pasuruan
Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Sodiq Pratomo menjelaskan mengenai ledakan bom ikan di Pasuruan. Foto: Humas Polda Jatim

jpnn.com, PASURUAN - Polda Jatim telah selesai melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ledakan bom ikan yang menewaskan dua orang di Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan Pasuruan. 

Hasilnya, polisi menemukan satu lubang bekas titik pusat ledakan. Lubang bekas titik pusat ledakan itu ditemukan dengan ukuran diameter ± 50 cm dan kedalaman ± 7 cm, positif mengandung Lead Azida Pb(N3)2. 

"Ada ratusan casung detonator yang terbuat dari aluminium dengan panjang rata-rata ± 58,2 mm dan diameter rata rata ± 7,2 mm," kata Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Sodiq Pratomo saat konferensi pers, Rabu (15/9).

Barang bukti yang ditemukan berupa serbuk warna putih yang positif mengandung Pentaerytritol tetranitrate (PETN) dan Potassium Chlorat (KClO3) serta serbuk warna putih kekuningan yang positif mengandung Trinitro toluena (TNT). 

Dia menjelaskan PETN, TNT, dan Pb(N3)2 itu termasuk jenis bahan peledak high explosive, sedangkan untuk KClO3 adalah jenis bahan peledak low explosive.

"Kami menemukan detonator rakitan. Antara lain, selongsong atau casing detonator, ayakan, kapas, dan tampah di area pusat ledakan," jelas dia. 

Menurut dia, Lead azide Pb(N3)2 termasuk jenis bahan peledak high explosive yang sangat sensitif terhadap tekanan, gesekan, guncangan, dan nyala api.

Proses ledakan secara teknis dapat berasal dari adanya perlakuan panas terhadap campuran bahan peledak isian detonator rakitan, di mana sumber dapat berasal dari impack, friksi, tekanan, nyala api atau jatuh saat pemindahan, pergeseran dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 

"Jenis bahan peledak yang digunakan sebagai bahan isian detonator rakitan, terdiri dari campuran bahan peledak low explosive dan high explosive," beber dia.

Kini polisi terus melakukan pengembangan terkait ledakan bom bondet ini, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan pihaknya telah membentuk tim untuk menelusuri asal usul bahan peledaknya.

Baca Juga: Mencurigakan, Mobil Innova Tak Bertuan Diperiksa Polisi, Isinya Mengejutkan

"Polda Jatim telah membentuk tim, untuk menelusuri asal usul bahan kimia yang didapatkan para pelaku," pungkas Sodiq. (mcr12/jpnn) 

Polda Jatim telah selesai melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ledakan bom ikan yang menewaskan dua orang di Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan Pasuruan.