Polisi Buru Tiga Dokter Asing Praktek di Metropole

Polisi Buru Tiga Dokter Asing Praktek di Metropole
Barang bukti dari Klinik Metropole yang tersimpan di Mapolrestro Jakarta Barat. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - PALMERAH – Pengusutan kasus malapraktek dan penipuan di Klinik Metropole terus bergulir. Perkembangan terbaru, tim khusus (timsus) Polrestro Jakarta Barat menangkap tiga tersangka yang diyakini menjadi otak penipuan klinik yang berada di Jalan Pintu Besar, Tamansari, Jakarta Barat tersebut.

Ketiga orang itu adalah LRD (67) (pemilik Klinik Metropole), Dirut PT SAI (perusahaan ekspedisi) JP (52), dan dokter penanggung jawab medis ERM (40). JP dan ERM diringkus lebih dulu pada Selasa lalu (30/9). Berdasar keterangan keduanya, polisi lalu menyelidiki sang pemilik klinik yang ternyata bersembunyi di apartemennya Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Menurut Kapolrestro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi M. Fadil Imran, penangkapan ketiganya didasari dua hal. Pertama, klinik Metropole menyalahi izin yang dikeluarkan oleh Sudinkes Jakarta Barat.

”Izin mereka sebenarnya klinik pratama yang hanya melayani keperluan medis dasar, bukan penanganan operasi sekaligus penyediaan apotik,” terang Fadil dalam gelar perkara di Mapolrestro Jakarta Barat Sabtu siang (4/9).

Kedua, laporan lima korban pada 24 September 2014 mengenai malapraktik yang dilakukan para dokter asing di klinik tersebut.

"Menurut keterangan korban, dokter di klinik tersebut melakukan tindakan operasi secara instan dan memberi resep obat herbal. Padahal, itu tidak boleh," terangnya.

Selain itu, beberapa korban juga melaporkan hasil diagnosa dokter yang tidak tepat. Misalnya, ada pasien yang divonis menderita kista stadium tiga. Padahal, setelah berkonsultasi ke dokter lain, penyakit sesungguhnya ternyata baru tahap gejala kista.

Fadil menuding Klinik Metropole melakukan penipuan terstruktur.

PALMERAH – Pengusutan kasus malapraktek dan penipuan di Klinik Metropole terus bergulir. Perkembangan terbaru, tim khusus (timsus) Polrestro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News