Polisi dan DLH Usut Temuan Ratusan Limbah Botol Vaksin di TPS Cianjur

Polisi dan DLH Usut Temuan Ratusan Limbah Botol Vaksin di TPS Cianjur
Petugas kebersihan menemukan ratusan botol vaksin limbah B3 medis yang dibuang sembarangan di TPS Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Penemuan ratusan botol vaksin limbah B4 medis yang dibuang sembarangan di tempat pembuangan sampah (TPS) umum di Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat, diselidiki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Polres Cianjur.

"Untuk barang bukti ratusan botol bekas vaksin limbah medis yang dibuang sembarangan di tempat pembuangan sampah sudah diamankan pihak kepolisian," kata Sekretaris DLH Cianjur Sugeng Supriyanto, Senin (5/10).

DLH akan menelurusi dan meminta pihak berwajib mengusut tuntas oknum yang membuang limbah berbahaya sembarangan karena dapat merusak lingkungan atau kesehatan warga sekitar. Limbah B3 medis tersebut, seharusnya dimusnahkan tidak dibuang sembarangan.

"Kami sudah minta pihak berwajib menuntaskan kasus tersebut agar tidak kembali terulang. Ini pertamakali di Cianjur, limbah medis dibuang sembarangan," katanya.

Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai mengatakan telah memerintahkan Satreskrim untuk mengusut tuntas pembuangan limbah medis yang seharusnya dimusnahkan dengan cara khusus, tidak dibuang sembarangan dengan sampah rumah tangga di tempat pembuangan sampah umum.

Untuk menghindari hal yang sama, ungkap dia, pihaknya akan menangkap dan meminta keterangan oknum yang membuang limbah medis tersebut sembarangan ke tempat sampah umum karena limbah medis di rumah sakit, pusat layanan kesehatan maupun klinik seharusnya dimusnahkan melaui jasa pemusnahan.

"Kami akan usut sampai tuntas, agar tidak ada lagi limbah medis dibuang sembarangan. Kami akan berkoordinasi dengan DLH dan dinas terkait lainnya. Nanti akan dijerat dengan pasal pengrusakan lingkungan," kata Rifai.

Sebelumnya warga dan petugas kebersihan di Kecamatan Pacet, menemukan ratusan botol bekas vaksin yang dibuang di tempat pembuangan sampah liar di Jalan Raya Pacet-Cipanas tepatnya di Desa Cipendawa. Botol limbah B3 medis berbahaya tersebut langsung diamankan petugas. (antara/jpnn)

Ratusan botol vaksin limbah B4 medis itu dibuang sembarangan di tempat pembuangan sampah (TPS) Kecamatan Pacet, Cianjur.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News