Polisi Ditantang Ungkap Dalang sampai Penikmat Hoaks MCA

Polisi Ditantang Ungkap Dalang sampai Penikmat Hoaks MCA
Ketua Setara Institute, Hendardi. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Setara Institute Hendardi hadir dalam konferensi pers yang digelar Mabes Polri soal penyerangan ulama, Senin (5/3). Di sana petugas juga mengungkap motif utama Muslim Cyber Army (MCA) beraksi.

Menurut Hendardi, salah satu motif utama kelompok penyebar hoaks dan ujaran kebencian itu adalah kepentingan politis. Namun, siapa yang ada di belakangnya, belum terungkap.

“Polri harus membongkar tuntas jejaring, pelaku, mediator, pemesan, dan penikmat hoaks dan ujaran kebencian ini," kata dia di Rupatama Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dia juga menyoroti Satgas Nusantara yang dibentuk Polri. Selain fokus dalam hal penangkapan, satgas itu kata dia harus bisa mengungkap dalangnya.

Karena diduga kuat dalangnya juga berasal dari pihak yang punya kepentingan dalam pertarungan Pilkada 2018 maupun Pilpres 2019.

“Satgas Nusantara perlu mendorong parpol untuk mengendalikan pendukungnya agar memiliki komitmen yang sama," terang dia.

Dari hasil pantauannya, konten hoaks dan ujaran kebencian semuanya sangat kontra terhadap pemerintah. Sehingga dapat ditarik kesimpulan pelaku utama adalah kelompok penentang pemerintah. (mg1/jpnn)


Ketua Setara Institute Hendardi menantang Polri mengungkap tuntas semua pihak yang terkait kelompok Muslim Cyber Army. Mulai dari dalang hingga penikmat hoaks.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News