Polisi Ikut Jaga Tes CPNS 2018 untuk Adang Aksi Honorer K2?

Polisi Ikut Jaga Tes CPNS 2018 untuk Adang Aksi Honorer K2?
Dari kiri: Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, MenPAN-RB Syafruddin, dan Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Untuk kali pertamanya polisi dilibatkan dalam pengamanan pelaksanaan tes CPNS 2018. Selama ini tes CPNS tidak melibatkan polisi. Bahkan saat tes CPNS diwarnai perjokian lantaran pakai sistem manual, tidak ada pelibatan aparat kepolisian.

Namun, di saat sistem tes CPNS menggunakan computer assisted test (CAT) yang terjamin kemurniannya, pemerintah memutuskan menggandeng Polri. Alasannya, untuk menghalau perjokian dan percaloan.

Di kalangan honorer K2 (kategori dua) kebijakan ini menjadi pembahasan hangat. Mereka menilai, ada kekhawatiran pada diri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin terhadap maraknya aksi demo penolakan tes CPNS umum dari kalangan honorer K2.

"Kalau kami sih menilai ini antisipasi pemerintah untuk mengadang honorer K2. Apalagi ada beberapa daerah yang terang-terangan mengancam akan memboikot pelaksanaan tes CPNS," kata Ketum Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih kepada JPNN, Jumat (28/9).

Menteri Syaifuddin sendiri membantah, keterlibatan polisi untuk mengadang aksi honorer K2 yang makin bergejolak. Polisi dilibatkan untuk mencegah perjokian, calo, kecurangan serta aksi-aksi yang mengganggu pelaksanaan tes CPNS.

"Pengadaan CPNS ini diselenggarakan oleh negara makanya semua dilibatkan. Ini untuk memberikan kepastian kepada CPNS bahwa yang dihasilkan itu murni," ujar Menteri Syafruddin.

Meski Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) tapi perlu peta pengamanan selama proses pengadaan CPNS.

BACA JUGA: 4 Ribu Guru Honorer K2 Mogok Mengajar Hingga Besok

Untuk menjaga dari sistem percaloan dan joki, lanjutnya, Polri akan melakukan operasi besar-besaran lewat sistem cyber, intelijen.

Aparat kepolisian dilibatkan pada pelaksanaan tes CPNS 2018, honorer K2 curiga ini sengaja untuk mengadang mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News