Polisi Minta Warga Jambi Tak Main Petasan Selama Ramadan

Polisi Minta Warga Jambi Tak Main Petasan Selama Ramadan
Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto didampingi Paur Penmas Ipda Alamsyah. ANTARA/Tuyani.

jpnn.com, JAMBI - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menghimbau warga setempat untuk tidak bermain petasan maupun kembang api selama Ramadan, demi keamanan di daerah tersebut.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan larangan ini diberlakukan guna menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat mengingat petasan dan lainnya berakibat membahayakan orang banyak.

Terdapat empat himbauan yang dikeluarkan Polda Jambi terkait larangan penggunaan petasan di antaranya, bermain petasan dapat menimbulkan trauma pada anak karena bunyinya yang cukup keras. Apalagi, jika anak tersebut belum pernah mendengar bunyi ledakan sebelumnya.

Kedua, resiko luka bakar saat bermain petasan jika ledakan terkena tubuh dapat menyebabkan luka bakar yang cukup parah.

"Luka bakar itu juga bisa bervariasi tingkat keparahannya. Gejalanya seperti kulit melepuh, bengkak hingga terkelupas," kata dia.

Ketiga, dia menyebutkan jika petasan juga dapat menyebabkan kebakaran di sekitarnya. Itu dapat terjadi jika saat bermain petasan ada bahan-bahan yang mudah terbakar di lokasi bermain.

Keempat, bermain petasan dapat menyebabkan polusi udara. Biasanya, setelah membakar petasan, kerap mencium aroma hangus yang berpotensi membuat sesak napas, batuk, hingga infeksi saluran pernafasan.

Dia menegaskan jika ada masyarakat yang nekat bermain petasan sembarangan dan mengganggu kenyamanan, dan keamanan orang lain maka akan ada sanksi hukum yang menanti.

Polda Jambi meminta kepada masyarakat sekitar untuk tidak main petasan selama Ramadan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News