Sambut Ramadan, Polda Sumsel Gelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Musi 2024

Sambut Ramadan, Polda Sumsel Gelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Musi 2024
Irwasda Kombes Ferri Handoko saat membacakan amanat dari Kapolda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo, Senin (4/3/2024). Foto: Humas Polda Sumsel.

jpnn.com - PALEMBANG - Polda Sumsel menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Musi 2024 untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Operasi yang dimulai Senin (4/3) hingga 14 hari ke depan, itu juga sekaligus pencanangan aksi keselamatan jalan, yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Polri telah menetapkan pelaksanaan Operasi Keselamatan Tahun 2024 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia selama 14 hari ke depan, dengan mengusung tema ‘Keselamatan Berlalu Lintas yang Pertama dan Utama’, dan di Polda Sumsel sendiri menggunakan sandi Operasi Keselamatan Musi 2024. Ini butuh dukungan semua pihak,” kata Irwasda Polda Sumsel Kombes Ferri Handoko membacakan amanat Kapolda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo.

Menurut dia, konsep operasi mengedepankan preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan penegakan hukum 20 persen, yakni ETLE statis atau ETLE mobile dan memberikan teguran terhadap masyarakat yang melanggar lalu lintas.

Dia mengatakan operasi ini akan menyasar pada pelanggaran lalu lintas oleh pengendara roda dua maupun empat, seperti menggunakan knalpot brong atau tidak sesuai spesifikasi teknis, penggunaan sirene, rotator atau strobo yang bukan peruntukannya. "Lalu, TNKB yang tidak sesuai spektek, kendaraan over dimensi dan overload (odol),” jelas Ferri.

Dengan dilaksanakannya operasi keselamatan tersebut, Ferri berharap masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman. "Kami juga terjun pada titik lokasi kemacetan, pelanggaran, serta kecelakaan lalu lintas. Hal ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan ketertiban masyarakat berlalu lintas,” katanya.

Dirlantas Polda Sumsel Kombes M. Pratama Adhyasastra mengatakan pihaknya akan mengedepankan kegiatan seperti sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan pembagian stiker serta sosialisasi melalui media cetak, elektronik dan medsos.

"Kami melakukan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet dan rawan kecelakaan maupun yang rawan pelanggaran. Di samping itu kami juga melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas baik dengan ETLE statis, mobile serta blangko teguran,” kata Pratama. (mcr35/jpnn)

Polda Sumsel menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Musi 2024 untuk menyambut Ramadan 2024.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News