Polisi Selidiki Dugaan Pengiriman Dana Umat ke Turki

Polisi Selidiki Dugaan Pengiriman Dana Umat ke Turki
Ustaz Bachtiar Nasir (kanan). Foto: Imam Husein/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri mendalami dugaan aliran dana Yayasan Justice For All ke Turki untuk bantuan ke Suriah.

Diduga Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Bachtiar Nasir melakukan tindak pidana pencucian uang dari yayasan.

"Terkait dengan Turki, tentu ini akan didalami. Kalau info yang disampaikan ada transfer lebih dari sekali, pasti ini jadi substasi penyidikan yang akan digali penyidik," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul.

Meski begitu, Martinus merahasiakan hasil penyelidikan aliran dana ke Indonesia Humanitarian Relief (IHR) yang mengalir ke posko pemberontak.

"Ini masih berproses dan apa yang menjadi materi-materi penyidikan itu menjadi substansi hukum tidak bisa dipublikasikan," tegasnya.

Sementara itu, kuasa hukum Bachtiar Nasir, Kapitra Ampera membenarkan bahwa kliennya pernah mengirimkan dana ke Turki‎.

Namun, dana itu digunakan untuk keperluan hidup pengungsi di negara tersebut.

“Tentang dana Turki itu, memang benar ada pengiriman uang USD 4.600 ke Indonesia Humanitarian Relief, NGO terbesar di Turki yang mengurus pengungsi di Suriah. Uang itu dikirim pribadi melalui rekening IA (Islahudin Akbar),” kata Kapitra.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri mendalami dugaan aliran dana Yayasan Justice For All ke Turki untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News