JPNN.com

Polisi Siapkan Pengalihan Arus jika Ada Situasi Darurat di Tol Cipularang

Rabu, 19 Februari 2020 – 22:45 WIB Polisi Siapkan Pengalihan Arus jika Ada Situasi Darurat di Tol Cipularang - JPNN.com
Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Istiono saat peninjauan jalur arus mudik Jawa- Sumatera. Foto: Dedi Sofian/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR meninjau kawasan tol Cipularang kilometer 118+600 yang sempat terimbas longsor.

Peninjauan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan penumpukan kendaraan karena adanya pembersihan sisa longsor.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, mereka tengah menyiapkan sejumlah skema pengalihan arus lalu lintas di lokasi tersebut.

Menurut dia, pengalihan arus itu dilakukan secara situasional bila terjadi situasi darurat. "Bila ada emergency, sudah kami siapkan langkah-langkah alternatif jangka pendek," ujar Istiono dalam keterangannya, Rabu (19/2).

Situasi darurat yang dimaksud adalah kondisi cuaca ekstrem hingga meningkatnya jumlah kendaraan. Apabila hal itu terjadi, Korlantas akan menerapkan sejumlah skema lalu lintas yang sudah disiapkan.

"Termasuk bila ada emergency, misalnya dari cuaca yang mempengaruhi kondisi perbaikan juga kami lakukan langkah-langkah alternatif," sebut Istiono.

Selain pengalihan arus, Polri juga siap memberlakukan contraflow apabila kepadatan semakin parah di lokasi.

"Kalau lancar enggak perlu contraflow, tapi kalau ada kepadatan, sampai ada antrean panjang mengganggu pengguna jalan langsung mainkan contraflow," ujar Istiono.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...